PANDUAN MENGINSTALL UBUNTU

Created by: Mahyuddin Susanto

Disini akan di jelaskan secara step by step cara menginstall Ubuntu Edgy. Sebagai catatan harddisk yang digunakan adalah 10Gb (belum di partisi) memory 256MB, Prosesor Intel P4 2.4GHz dan proses penginstallasian ini menggunakan VMware Workstation

Sebelum meng-install Ubuntu pada BIOS harus di set Boot Device Priority-nya dulu, dalam menginstall Ubuntu Boot Device Priority harus di arahkan ke CDROM. Untuk masuk ke BIOS tiap Motherboard mempunyai standart sendiri. Namun sebagian besar tinggal menekan tombol delete atau F2. Ketika membooting pertama kali tekan F2 atau del untuk masuk BIOS, anda harus menekan nya dengan cepat, sebab bila tidak komputer akan masuk ke OS di hardisk. Apabila anda “lebih cepat” dari loading komputer anda maka tampilanya akan muncul sebagai berikut:

1

Kemudian simpan konfigurasinya dan Kemudian reboot ulang

2

a. Mulai meng-install

Setelah di restart, maka akan muncul tampilan layar sebagai berikut (apabila komputer di booting via cdrom)

1

Pilih Start or Install Ubuntu, tunggu hingga muncul layar seperti di bawah

4

Gambar diatas menunjukkan bahwasanya kita telah berhasil menjalankan Ubuntu Live-CD. Di LiveCd kita dapat menjajal kemampuan Ubuntu tanpa harus menginstall ke harddisk, pada saat ini anda dapat menulis dokumen, berinternetan, layaknya anada sudah menginstall ke Harddisk. Dan perlu diingat bahwasanya ini hanya bersifat readonly yang berarti semua dokumen yang di simpan di /home hanya lah sementara dan akan hilang jika di reboot. Kita asumsikan anda mempunyai hardisk baru 10 GB belum di partisi dan akan di install Ubuntu.

Langkah selanjutnya kita harus mempartisi harddisk dulu, klik System>Administration>Gnome Partition Editor

5

Hingga muncul tampilan sebagai berikut

6

Karena kita akan membuat partisi baru maka klik kanan di area hitam muda hingga muncul seperti gambar diatas

7

Kilk create, kemudian tunggu

8

Kilk kanan di area hitam muda lagi hingga muncul gambar diatas. Dan jangan lupa kita harus menentukan berapa mesar partisi yang digunakan. Di sini saya mempunyai harddisk 10 GB dengan di partisi 2 yaitu 8,7 GB untuk ext3 dan sisanya untuk swap. Kilk add bila kita sudah mengkonfigurasinya

9

Setelah kita mengeklik add maka akan muncul warna biru pada areal hitam muda, pada gambar di atas masih terdapat area hitam muda hal ini di karenakan masih adanya ruang sisa. Untuk itu maka kilk kanan lagi pilh new

10

Pada gambar diatas areal yang kosong tadi akan digunakan sebagi partisi swap, kemudian klik add, (linux minimal membutuhkan partisi swap dan root) setelah itu bila kita ingin melakukan tindakan pemartisi hardisk yang telah di lakukan tadi maka klik apply hingga muncul tampilan sebagai berikut

11

Kilk aplly lagi, kmudian tunggu loadingnya

12

Setelah proses pemartisian harddisk selesai maka akam muncul tampilan sebagai berikut

3

Kemudian Klik close. Untuk langsung menginstallnya kita dapat mengeklik icon INSTALL di Desktop dan tunggu loadingnya hingga muncul tampilan sebagai berikut

13

Dalam gambar di atas kita disuruh untuk menentukan bahasa yang akan kita gunakan, dalam gambar di atas saya memilih bahasa Inggris sebagai Bahasa yang akan digunakan, namun bila menghendaki bahasa Indonesia bisa memilih Bahasa Indonesia. Kemudian klik Fordward hingga muncul gambar sebagai berikut

14

Di sini kita akan menunjukkan di mana kita berada, karena dengan menunjukkan dimana kita berada system Ubuntu akan menyetel Format waktu GMT di sini saya menggunakan jakarta, bila sudah selesai kilk fordward

4

Pada gambar di atas kita di susruh untuk menentukan Jenis Keyboard yang kita gunakan, di Indonesia kebanyakan menggunakan American English, klik Fordward hingga muncul gambar sebagai berikut

16

Tampilan in di maksudkan untuk mengisikan identitas kita perlu di ingat saat mengisi username huruf yang digunakan harus kecil semua dan tidak boleh ada spasi, hal yang sama saat kita mengisi nama komputer kita. Klik Fordward hingga muncul gambar sebagai berikut

17

Dari tampilan di atas ada dua pilihan yaitu erase disk dan manually edit. Yang dimaksud dengan erase disk adalah menghapus semua isi dari hard disk namun ini cukup berbahaya apa bila anda mempunyai data yang sudah di simpan di harddisk. Untuk amanya pilih manually edit partition. Klik Fordward hingga muncul gambar sebagai berikut

18

Karena kita tadi sudah membuat partisi maka Klik Fordward hingga muncul gambar sebagai berikut

19

Dari gambar di atas kita disuruh untuk menentukan mount point dari dua partisi yang telah kita buat tadi, buatlah seperti gambar di atas. Klik Fordward hingga muncul gambar sebagai berikut

20

Ini adalah konfigurasi global yang telah kita buat untuk menginstall, Klik install (bila kita sudah mantap dengan konfigurasinya) hingga muncul gambar sebagai berikut

21

Bila komputer anda menunjukkan gambar seperti ini, maka Ubuntu sedang menyalin system ke dalam komputer anda. Waktu yang dibutuhkan untuk selesai loadingnya tergantung dari performa dari komputer yang anda miliki, sebagai perbandingan ketika saya saya menggunakan Pentium 4 dengan memory 512 MB dibutuhkan waktu sekitar 15menit saja. Setelah itu tunggu hingga tampilan layar sebagi berikut

5

Bila tampilan layar di komputer tampak seperti diatas maka berarti intalasi ubuntu di komputer anda telah selesai.

dan ini adalah videonya

1


by; Mahyuddin Susanto

asisten UPT-TI universitas Jember

188 thoughts on “PANDUAN MENGINSTALL UBUNTU

  1. Wah, ini dia… dr kemaren baru nyoba maen2 di LiveCD, skrg saya mo nyoba install ubuntu 6.10 ke hdd. Mo nekat, tinggalin windows…😀

  2. Boleh tau ini ubuntu berapa? saya udah coba menginstall ubuntu 6.06 kalo nggak salah. Trus saya udah nyampe di Tampilan Live CD tapi yang muncul cuman Example dan Ubuntu saja. Kalau yang inikan ada Aplication- Place – System dll. Trus saya mencoba klik Install tdk ada jalan sedikit pun. Saya menggunakan Intel P4 2.4 Ghz dan Memory 256MB (@128MB) dan HDD 40 GB, sekarang terinstal win XP

    Mohon pencerahannya.
    salam
    eric

  3. to eric
    salam,
    ni yang ku pake ubuntu 6.10 aliasnya Edgy eft. menurut saya ubuntu yang anda pakai hanya live CD aja. dalam artian tidak bisa di pakai untuk instalasi. jadi solusinya pilih ubuntu yang Live+Install. sebagai informasi mulai ubuntu 6.06 sudah mulai di paket 1 cd bisa untuk live dan install. kemungkinan yang anada paki adalh Ubuntu 5.10 Live CD. Kompi anda tak masalah bila di install Ubuntu

  4. salam kenal bang Udin,

    mau usul n tanya nih ,
    pertama, tolong ditambahin install tuk HD yg udah ada windows , jadi pas install gak rusak windowsnya
    kedua, waktu saya install, pada proses installing system dia lama banget pada saat download repo atau checking repo (ya semacam itulah) akhirnya saya stop secara paksa proses installnya yg berakibat pada hancurnya windows. pertanyaan saya, kenapa koq lama banget (pernah sampai lebih 45 menit) apakah bisa jika koneksi internet dimatikan (cabut kabel) supaya dia gak nyari repo di web ?

    maaf kalo commentnya kepanjangan

  5. @crisna
    1. oke deh tak usahain ya…
    2. maksud anda saya pahami dalam beberapa masalah yaitu..
    >> bandwith anda lemah so, butuh waktu yang lama… sabar aja friend…
    >> pengaturan partisi anda salah, bisa jadi partisi windows anda telah terhapus waktu install ubuntu
    >> waktu ubuntu minta alamat proxy, kosongkan aja!! biar dia ga konek ke internet.
    usul saya coba anda beli DVD repo nya ubuntu trus edit file di /etc/apt/source list. panduanya ada di blog ini
    thanx

  6. salam kenal bang udienz, saya minta ijin untuk copy artikel ya, saya lagi pengen coba ke linux, dan linux yang pertama kali saya kenal itu ubuntu. saya hanya pake live CDnya aja, karena masih takut kalo instal ada kesalahan. karena komp saya banyak dipake temen2 yang udah biasa pake windows. kalo saya pure pake linux, kasihan mereka yang belum kenal linux. kalo nanti ada tutorial yang membahas tentang dual boot with linux, saya mau coba belajar dari bang udienz…… thanks ya

  7. Wah, Ubuntu makin byk peminatnya🙂
    @All : Salam kenal semuaaaaaaaaaa…
    @udienz : angkat topi buat tulisannya.
    @milisdad : nggak pnh lupa promosiin planet ubuntu😛 Smp2 kelupaan kl tu capturenya pake VMWare (5.0??)
    @kucing_orange : semangat 45😀 .
    @saiful_adi : silahkan pesen di shipit.ubuntu.com atau kalo mau yang kubuntu di shpit.kubuntu.com, ato juga kalo mau ngenalin ke anak2 kecil coba saja yg shipit.edubuntu.com
    @crisna : sm usulan udeinz, pake repo aja. Aku saranain kalo lg ni pertama kali install linux, pake yg Ubuntu 6.06 aja. Menurut saya, versi ini yg paling mudah instalasinya dr semua versi ubuntu. (bahkan dibandingin Feisty sekalipun)
    @eko , saya saranin bikin partisi Ext3 dari Partition magic dl kl masih pke windows biar lebih gampang. Beri jg partisi swap.

    Sory kalo sok2an comment.. cm pengin ikutan ramein aja.

  8. Tolooong, Aku gak bisa booting dengan Live CD, setelah mucul kursor dan layar kuning semi oranye diam saja, gak muncul apa-apa lagi, Udah check semuanya OK. Pakai Ubuntu 6.06 dan 7.04 sama saja. Please help me.

  9. tenk’s ya atas pemberian petunjuk cara penginstalan oubuntu nya gue sekarang sudah meninggalkan so yang lama (windows) dan beralih ke linux……..?? tek’s yooooooo

  10. @rasyid:
    mungkin memory anda kurang karena ubuntu kalo berjalan di mode grafis butuh memory minimal 256MB
    @all
    thanx juga, Salam Ubuntu

  11. Salam kenal. Saya baru coba instal ubuntu 7.04. Langkahnya seperti di atas kecuali bagian partisinya saya tidak mempartisi dulu. Jadi dari live CD terus klik ikon instal. Cuma ketika sampai langkah ketujuh, proses instalasinya berhenti di angka 15% dan komputer sepertinya hang. Karena lama, saya matikan komputernya. Kira-kira masalahnya apa ya?

  12. @doeyta
    mungkin masalahnya terletak pada Kepingan CD itu sendiri coba di check lagi…. atau masalah pada free space, perlu diningat bahwasanya Linux Desktop memerlukan minimal 2GB untuk partisinya.

  13. om.. saya juga ya.. minta ijin buat ngupi artikelnya.. sekalian buat diprint juga, mao nginstall linux dirumah.. hehe…

    kalo diijinin makasih banget nich.. :D:D

  14. ada cara ga gimana install ubuntu 7.04 dari hardisk/partisi window ???

    saya ada kopian dari cd ubuntu 7.04 di hardisk. cd-nya udah ga ada.pengen install dari hardisk.kira-kira hal itu memungkinkan ga yah ???

    partisi saya, 15gb windows
    15gb ubuntu 5.04
    90gb /home

    saya baru bgt di linux belum sebulan, dan waktu itu cuma ada ubuntu 5.04.
    skrg pengen ke 7.04.
    nuhun-pisan.

  15. oia buat mas udienz makasih udah mau nampung komen saya
    klo bisa sama mas udienz di praktekin dan bikin tutorialnya🙂
    ttg instalasi tanpa cd ini, buat dokumentasi-gitu mas maksudnya… yg berbahasa indonesia.

    klo saya sih ga jago bikin tutor, takut salah, soalnya ini juga baru bgt di lingkungan linux.

    makasih sekali lagi.

  16. mas..udienz
    aku install ubuntu 7.04
    tapi waktu dah nyampe di tampilan sperti destopnya (yg ada ikon intallnya)
    eehh kok Restart terus ya??
    saya coba lagi restart lagi..
    sampe aku cek keutuhan/keadaan CD katanya juga masih baik
    mas udiens..mintabantunanya ya..pleaze

  17. @umatbersarung
    coba di chech free space hardisk nya, banyak nya memory
    coz memory minimal 256MB hardisk minimal 2 GB
    yuk salam!

  18. mas…mau lapor..
    dah tak cek hardisk freenya >10 GB
    aku memang pake memory 256MB
    apa memori yang cekak ya..??

    trus satu lg mas..
    waktu intall yg versi 5.10 dan Kubuntu 6.06
    kok aq ga bisa akses root ya??
    trus di liatin sama dia..kalo secara default akses root ga dikasih
    di suruh pake sudo
    trus liat man sudo
    dianya minta password..
    passwrd aku pake yg waktu login tetp ga mau…
    dan coba2 yg laen ga mau juga
    hingga akupun sampe sekarang ga bisa akses root

    sorry yo..direpotke,
    hatur nuwun

  19. tau sudo kan???
    contoh sudo dpkg bla-bla-bla
    paswword?
    kalo di minta password?? masukkan aja password usermu
    sudo kan memberi perintah seolah-olah user yang merintah kayak SU/root

  20. Yth,

    Kemarin saya terima CD ubuntu kiriman dari Nederlands, Ubuntu 7.04 for your PC’s
    tetapi setelah saya install di PC saya P.IV 1.5 Ghz / 256 MB / 40 Partisi C : /D: / E
    di Cnya masih ada windows …
    rencananya akan di install di D
    tetapi setelah saya jalankan saya menemukan error :

    There was an error starting the GNOME setting Daemon
    Some things, such us themes, sound or background setting may not work corectly

    The last error message was :

    Did not received a reply. Posible cause include the remote aplication did not send
    a reply, the message security message policy blocked the reply, the reply time out expired, or the network connection was broken.

    Gnome will still try to restart the setting daemon next time you login.

    Kemudian ada gambar semacam kotak dialog Ubuntu
    dengan gambar segi empat 2, trus gambar kaki dan kayak gambar dekstop

    Untuk itu mohon bantuan rekan – rekan yang sudah pernah install… knapa bisa demikian
    saya satu malaman nungguin karna lambat sekali. pada hal memory 256 MB
    apakah ada pengaruhnya.

    Demikian, dan saya sangat berharap bisa dibantu

    salam
    eric

  21. mas udienz mas kami punya trouble nih soal buat server pake ubuntu…
    masalahnya waktu pertama kali sih mas buat server pake linux pula….

    pertanyaan saya gini mas…
    1. partisi yang bener di LINUX itu bgmn(kasusnya saya harus buat 2 partisi dengan besar’a swap 4 gb)??
    2. kok setelah instalasi berhasil kenapa saya ga bisa mengubah resolusi display UBUNTU’a???settingannya cuma ad 6**X4** saya lupa, dan itu ga bisa dirubah…
    3. setelah saya install paket apache kok waktu saya ingin Copy aplikasi web saya ke folder /var/www kok ga bisa ya???malah ada pesan peringatan yang intinya saya diminta untuk LOGIN sebagai root…saya bingung??

    mohon jawabanya?????

  22. @ian
    1. partisi yang bener di linux itu minimal terdiri dari dua partisi yaitu root (ext30 dan swap, kalau pake server mendingan /boot, /(root), /home, /var, /usr/local nya di bedakan. saya kira swap anda terlalu besar, ukuran swap yang ideal adalah 1.5x jumlah memori.
    2. maksud nya 640*480??? coba aja masuk ke direktory /etc/X11/xorg.conf kemudian cari bagian ini:
    Section “Screen”
    Identifier “Default Screen”
    Device “ATI Technologies, Inc. Radeon Xpress 200M (RS480)” //graphic cardnya menyesuaikan dengan punya anda
    Monitor “Generic Monitor”
    DefaultDepth 24
    SubSection “Display”
    Depth 1
    Modes “640×480”
    coba ganti 640×480 dengan 1024×768 atau 800×600. setelah itu restart x11 nya dengan perintah di konsole…. >> sudo /etc/init.d/x11-server restart
    3. utulah Ubuntu, anda pasti lupa menggunakan perintah sudo, coba ulangi lagi dengan perintah sudo sebelum mengopi, jadi anda “seolah-olah” menjadi root saat mengopy.

  23. @eric
    kemungkinan memorynya namun itu sangat jarang mengingat kebutuhan minimum ubuntu dalah 256MB. saya menduganya adalah CD atau kartu grafis anda yang tidak di dukung sama kernel linux. coba ganti CD installer sama Kartu grafis anda atau saat menginstall pastikan anda memilih “boot for graphic safe mode”

  24. Mo nanya nih. Saya pakai laptop. Win Vista. Saya ada hardisk 3.5′ dan bisakah saya install ubuntu dihardisk itu melalui laptop saya, yang nantinya kalau saya ingin menggunakan linux saya boot dari hardisk ekst itu. Oh ya.. saya sudah donlod ubuntu, apakah harus di burn kedalam cd?

  25. Saya rencananya mau install kubuntu 7.04, tapi pas pembuatan partisi, hardisk dianggap masih kosong, padahal saya telah mengistall Mandriva 2007, Xandros, Kanotix dan Win XP. Hardisk saya 80 GB Sata. Susunan partisinya 5 GB Partisi Mandriva, 5 GB Partisi Xandros, 5 GB partisi Kanotix, 1 GB swap (dipake barengan untuk ketiga distro). 20 GB di pake Win XP, sisanya untuk data. Rencananya inginnya ditambah satu lagi partisi untuk Kubuntu tapi HD terdeteksi sebagai sda 79 GB free. Artinya seluruh HD dianggap belum ada partisi.
    Untuk itu bagaimana solusinya agar partisi lain bisa kebaca pas pembuatan partisi untuk kubuntu. Kalau dibrowsernya sih terbaca partisi-partisi tsb sebagai sda-1, sda-2, sda-3 dst.
    Apakah untuk HD Sata, varian Debian menganggapnya SCSI? Mohon solusinya, terima kasih.

  26. @ wawan
    bisa, yup harus di burn dulu ke CD n jangan lupa habis install update programnya

    @saryono
    ya di Debian/Ubuntu harddsik SATA/Flash Disk di anggap Scsi tetapi itu tidak masalah. kalo melihat dari persoalanya sepertinya ada yang tidak beres dengan tabel partisinya atau kemungkinan anda salah pilih waktu partisi editor membaca partisi harddisk. coba gunakan Ubuntu dengan GPartedit nya, dan selama ini saya tidak masalah dengan SATA/USB FD yang dianggap SCSI

  27. Makasih y Om Udiennnnnz atas bantuan artikelnya…..
    Sukses slalu !!!!!🙂
    U Buntu ….. My Soulmate ….. Ampe kapanpun!!
    Sumpeeeeh…..telanjur cinte neh ma U Buntu.
    ;-p

  28. Mas, saya sudah coba gparted sebelum instal, tapi ada pesan error “critical error during ped_disk…” kira-kira untuk masalah ini solusinya gimana ya? Kemudian saya coba install di HD PATA yang sudah ada partisi Win XP nya, tabel partisi terbaca dengan baik, tapi proses instalasi berhenti di 15%. Kira-kira apanya yang salah. Sebelum ini saya belum pernah menemui kendala untuk distro lain. Mohon solusinya. Terima kasih.

  29. Wow… salut salut. Artikel yang bagus nih.
    Boleh ya saya rekomendasikan kalo ada teman yang tanya soal panduan install ubuntu.

    NB : bagi yang membutuhkan DVD Repository Ubuntu 7.04, saya kebetulan ada. Silahkan buzz via YM : go2u_satu.

  30. @saryono
    coba aja mas pake Partition magic di windows. masalahnya emang unik saya juga pernah mengalaminya, waktu itu saya mempartisi lewat Partition magic dan alhamdulillah bisa

  31. Assalamualaikum WrWb
    Saat ini saya sudah mengintal Edubuntu 6.10 Class Server, maksud kami agar seluruh siswa kami tau bahwa ada OS lain selain windows, dan perlu diketahui selama ini server sekolah saya pake LTSP versi 3 pada redhat7 dan meremote windows2003 jadi saat boot saja merasakan linux berikutnya yg tampil win2003 itupun dibuatkan oleh Pak Rudi Hermawan dr kafelinux sby.
    Alkisah katanya edubuntu sudah memasukkan LTSP didalamnya, setelah saya install dan mau aku edit “dhcp.conf” nya koq yg ada file “dhcpd.conf”, apa file ini direname dulu baru di edit atau gimana ya…., bingung mas
    Mohon bimbingannya step by step via E mail kalo bisa
    Moga bila berhasil LTSPnya akan memberi perubahan di sekolah kami
    Wassalam

  32. Salam..
    Sy masih kebingungan untuk buat network placenya ubuntu untuk digunakan connect ke internet…dan sy akan gunakan untuk client warnet. mohon petunjuk caranya dan pencerahaanya.
    SALAM..

    ieghoy@yahoo.com

  33. omm…ane mo ikutan ngopi artikel omm….
    makasih sebelumnya omm…artikelnya berguna bgt buat ane yang newbie…thx sebelumnya….:)>-

  34. Mau tanya donk, mang udienz,

    Kalo saya menginstall Ubuntu di HD tambahan (removable), apakah step2 yang dijalankan juga sama? Dan sebagai info saya tidak berencana menginstal dual boot. HD primary saya di partisi 2 : C dan D. Nanti HD Removable saya akan didetect sebagai dev/hdb bukan? Lalu saya tinggal tancap gas untuk menginstal seperti step2 di atas? Trims atas jawabannya.

  35. Mas.. lam kenal…. mo tanya dikit.. kalo mo 2 OS bisa ga?? saya sekarang ini sudah ada windows XP di PC saya.. rencananya saya mau tambahkan ubuntu…
    trims… mohon petunjuk nya.. saya pendatang baru..

  36. mas …
    boleh minta tolong nih,compiku udah pake winxp, skr ini aku mo install ubuntu 7.04 ; spec compiku HDD 40 ( 2 partisi 15 + 25 )Gb Memory 512 Mb .. tp kok ada masalah ya .. waktu install u buntu itu slalu minta user & password .. aku coba pake user & passku tetap nggak bisa … malahan muncul perintah :

    “A critical error occured , Please look a KDM’s logfile (s) for more information or contact your system administrator”

    Tolong dong, minta penjelasannya dgn masalah tersebut, apa yg salah ma compi saya ..

  37. satu hal yg paling mengganggu adl masalah license mp3, padahal format inilah yang paling banyak menuhin hd ku. tolong jelasin caranya install codec multimedia secara manual, soalnya kompie ku nggak ada koneksi internet.

  38. Terima kasih mang Udienz.. Akhirnya dengan tanpa koneksi internet yang lagi error hari sabtu di Kantor, saya berani saja install Ubuntu di UDB HDD saya. Awalnya ada sedikit masalah dengan driver ATI Radeon, saya tahu harus di enable di bagian Restricted Driver saat booting masuk ke desktop Ubuntu. Tapi saat saya enable, diminta koneksi internet ke repo di server. Apakah update lewat 4 DVD Repo yang didistribusi lewat komunitas bisa nga y jadi tanpa harus konek internet? Bagaimana caranya step by step?

    Lalu setelah full install Linux di HDD dengan automatic partition, tapi setelah saya copotin USB HD dan booting ke Win XP malah error : GRUB Loader error
    no Operating System
    Tulisannya begitu kalo saya nga colokin USB HDD saat booting. Kalo saya colokin jadinya booting langsung masuk ke GRUB Loader ada pilihan :
    1. Ubuntu i386
    2. Ubuntu recovery mode
    3 Ubuntu memtest
    Other operating system:
    4. Microsoft Windows 2000/NT/XP
    5. Microsoft XP Profesionnal

    Sebagai tambahan info : Saat ini saya pakai Win XP Profesional SP2 di primary HD : partisi C dan D. Lalu bisa nga yah kalo tiap kali booting tanpa colok HD USB nya, menu GRUB Loader langsung skip dan boot ke Windows aza? Saya juga tidak tahu sih GRUB Loader itu posisinya terinstal di mana. Soalnya saat instalasi saya langsung dari Live CD dan hanya format dan install Ubuntu di HD removable tsb tanpa masuk ke XP dan sentuh HD pertama.
    Thanks yah, pak. Sori pertanyaan dan penjelasan saya panjang lebar. Mohon maaf sebesarnya dari newbie.

    Hatur nuhun ..
    hormat saya,
    sehat tan

  39. Saya sudah berhasil nginstal tapi waktu mau coba login sbg root (pake terminal) lalu dia minta paswort, saya masukin paswort yg waktu nginstal tp gk masuk2. Kira-kira itu knp ya, soalnya saya mau nginstal apache. Sebagai informasi, paswwort yg saya pake selama pengistalan cuma 1 jadi gk mungkin salah.

  40. @ sehat tan
    sepertinya GRUb loadernya di install di HDD jadi XP ga bisa booting karena GRUB itu menempati MBR. hemat saya waktu install Ubuntu di USB, IDE/SATA tolong di copot dulu biar ga install GRUB di MBR nya IDE/SATA

    untuk pemecahan masalahnya silakan booting dengan disk booting win98 via ms dos dan ketikkan fdik /mbr

    untuk update vi DVD bisa kok, no problem

    @niko
    yup, sebaiknya Password di ulang 2 kali
    btw, bila anda memakai sudo su dan su maka passwordpnya akan beda lho??? tanya kenapa?? karena kalo pake Sudo su berarti pake passwordnya anda. kalo pake su pake passwordnya root

  41. buat rekan2 yg pingin dapetin cd (live & install )gratis bisa open di sini
    shipit.ubuntu.com
    hari ini aku dpt kiriman 1 bundle cd (berisi 3 cd) dari belanda gratis….tapi anda harus bayar sama pak pos nya 7 rb rupiah tuk ongkos pabean + pack .semoga berguna

  42. kepada mas udin ada ngak mas tutorial lengkapnya untuk kubuntu 7.04 tolong mas ya..mau saya ajarkan ke siswa saya…dari dasar mahir permasalahn dan lain lain salam dari SMK Putra Bangsa Bontang – Kalimantan Timur

  43. Salam kenal,

    mas Udienz, saya juga baru mau migrasi ke dunia linux, mau nanya nih, saya udah coba install ubuntu 7.04, pas di boot, masuk ke installation, setelah itu cuma muncul layar hitam doank, udah ditunggu2(hampir 1 jam) gak masuk2(gak terjadi apa2) ke GUI(desktopnya ubuntu), gimana nih? spec com saya intel 2.4Ghz, RAM DDR 256 pc 2700, VGA GEforce 4 MX 4000, motherboard MSI 865….(udah lupa) , masalahnya apa ya??? saya udah coba install di com teman saya, instalasinya berhasil, apa masalah di spec saya? masalah sperti ini juga terjadi saat saya menginstall open suse 9, please help me, thank you so much!!!

  44. Pak saya minta ijin buat ngopy file bapak…. coz penting banget nich…. untuk tugas saya….. coz klo nggak ngerjain saya bisa nggak dapet nilai…… :-d….. sebelumnya makasih yach pak…..

  45. @ mr.c
    anda pernah mengecek memory/vga anda. kebanyakan kasus terletak di memory/vga lho…

    @all
    thx juga–silakan di kopi

  46. makasih yah mas udienz,

    ubuntu saya udah terinstall, saya boot berulang2 dan tiba tiba bisa masuk ke GUI(desktop) live cdnya, masalah saya sekarang:
    1. pas masuk ke terminal (Ctrl+alt+f1), disitu muncul terus unhandled……
    gimana cara memperbaikinya? coz saya gak bisa make konsolnya, saya terpaksa make terminal yang pas baru dibuka(yang di GUI)
    2.gimana cara menginstall driver vga? saya udah coba sudo sh
    tapi muncul pesan anda harus keluar dari x bla…bla….(tapi dalam bhs inggris),
    3. bagaimana menginstall program/aplikasi di linux,
    4. dimana saya bisa mendapatkan baryl?

    Thank you so much mas udienz atas bantuannya

  47. @ mr c
    1.pada waktu log-in pencet ctrl+alt+backspace, ini berguna untuk merestart Gnome, kalau masih tidak bisa anda bisa masuk ke mode konsole (lewat perintah tadi) dan ketikkan $sudo dpkg-reconfigure x11-common. kalau masih tetap tidak bisa $sudo dpkg-reconfigure -a
    2. vga anda apa?? biasanya nga ati/nVidia menyediakan drivernya untuk linux, walaupun linux sendiri sudah add-on
    3. coba lihat http://ubuntulinux.or.id/blog/2007/07/06/tanya-file-targz-dan-tgz/ atau http://wiki.ubuntu-id.org/PanduanUbuntu
    4. $sudo apt-get install beryl

  48. bang udient saya mau tanya :

    saya mau install ubuntu server dan saya punya hardisk 40 gb yg saya harus lakukan untuk buat partisi di hardisk tersebut saya kurang begitu paham mungkin bang udin bisa jelaskan hal ini secara detail …
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

  49. Bang udient mo tanya nih.. sewaktu aku ganti user kok pada laptopku( anote centrino) cuman layar putih, terjadi juga klo pake beryl kira2 laptopku apa gak suport ya?? ada solusinya??

  50. [mitra]
    untk server lebih baik antara mount /home, /boot, root, /var, /etc, /tmp, /usr/local sebaiknya di pisah saja biar bisa leluasa dan ga perlu repot waktu backup server (pengalaman pribadi)

    [Nunu]
    itu berarti graphic card anda tidak mendukung Beryl, sama seperti Graphic card saya

  51. Assalaamu ‘alaikum
    Saya ingin mendapat pencerahan agar yakin instal ubuntu, sudah donlod versi 6 yg katanya sport 2009.
    hardisk saya 250gb,
    part C: 20gb sudah ada winXP
    part D: 6gb masih kosong
    part E: 220gb Data lumayan banyak isi nya

    bagemane langkah penting cara instal ubuntu di part D: dengan aman ?
    takutnya habis instal bakal hilangan data di part E:
    Terimakasih sebelum dan sesudahnya
    wassalaam

  52. Assalaamu ‘alaikum

    Saya ingin bertanya bagaimana panduan cara instalasi vmware VMware-workstation-6.0.0-45731.i386.tar, saya pake ubuntu versi 7. Terima Kasih.

    Wassalam

  53. sorry bang udin saya jadi rajin nanya nih..?
    saya dah install edubuntu 5.10,untuk jalanin cd audio bisa, tapi untuk jalanin mp3 sama vcd atau film gak bisa,apakah ada software lagi yg harus saya download…?
    dan untuk istall software tambahan di edubuntu sendiri seperti windows tingal install atau gimana..?
    terimakasih

    wasalam

  54. assalamualaikum
    mas mo tanya, saya pake ubuntu bonus tabloid komputer, 7.04 feisty fawn. pas live-cd jalan, koq prosesornya pentium 2 n vga ga kedetect ya? saya pake amd athlon64 +3200 n radeon x550, apa harus driver khusus yah? soalnya gara2 ini jadinya ga bisa masuk GUI,cuma console n ga bisa diapa-apain
    (soalnya gak ngerti…) mohon pencerahannya mas, dah ngebet nih mo migrasi.

    wasalam

  55. assalamualaikum.
    bang, tolong q d kasie tau cara instalasi ubuntu server-nya dunk? masalahnya tiap q instal sll booting-nya msuk k program DOS-nya linux. q bingung.. msih awam bgt nech. thanx… wassalamu’alaikum

  56. thx bgt bang…kebetulan lagi nginstall ubuntu di kompie.Pas nyari2 tutorial ketemu disini lgsg komplit deh. :))
    kalo butuh petunjuk boleh nanya2 kan?

  57. bang, mo nanya neh. kenapa ya installan ubuntu 7.04 saya ga bisa langsung melalui grub. malah ga muncul sama sekali. installan saya tuh standar banget. pokoknya maju, maju dan maju.
    di komputer tuh sudah terinstal xp, tapi boot loadernya ga fungsi kenapa ya? nah kalo kadung diinstal, kedua keduanya. gimana caranya bikin grub. yang muncul xp duluan tuh. ada yang pernah ngalamin gini ga ya? saya minta solusinya

  58. Bang Udin, nanya nih … sori sblmnya newbie nih, udah lama banget tertarik migrasi ke linux tapi bingung karena temen-2 & kantor pada make windows…biasa sharing file soalnya.
    Pertanyaannya, aku pgn instal ubuntu ke laptop (travelmate 6291) … baiknya dibagi berapa-2 HDD yg 120GB? trus gimana driver2nya .. utamanya utk WLAN,bluetooth dan kamera. Tks banget sebelumnya utk pencerahannya

  59. tambahan nih … aku nyoba ubuntu 6.10 tapi walau udah dirubah BIOSnya dengan 1st booting CD koq gak mau jalanin ubuntunya ya? setelah nunggu beberapa saat eh yang jalan malah w*nd**snya

  60. [boeds]
    hm… jangan takut di kernel linux rata-rata sudah ada drivernya… apalagi acer wah.. diakan barusan ngeluncurin linuxacer (lacer)

  61. assalamuallahikum,
    saya mo coba ubuntu lewat download ubuntu, setelah berhasil didown load apa yg harus sy kerja kan?
    sy pakai laptop yg belum terisi os
    terima kasih ya mas,
    maaf kalau pertanyaannya katrok banget
    wasalam

  62. Bang Udin, tks ya penjelasannya … nyambung juga pertanyaannya artanto, aku udah donlod ubuntu 7.10 i386 berbentuk iso, kubuka pake winISO dan ekstrak trus kubakar smua hasil ekstraknya (bootable kan itu?) tapi koq gak mau running (booting fm CD) ya? dimana kelirunya ya?

  63. Hebat mas!!! panduannya OK mudah dipahami
    Aku monanya neh. Komputer aq ingin instalkan juga ubunto 7.04 itu lho,, tapi spek komputer saya Pentium III, SDRAM 192, HD, 8 GB. apa bisa ya atau dikustomisasi. TErus persyaratan minimalnya berapa

    Aku udah pesan di situs http://www.shipit.ubuntu itu lho apa benar2 akan dikirimkan ya walaupun aku ada Indonesian Timur, tepatnya di Kendari

    tolong dibalas ya

  64. om udienz, mohon bantuannya, saya mo instal ubuntu 7.04, tapi kalo mo instal di bios, kok selalu keluar windows melulu, padahal sudah device boot priority ke cd room, memory 256, hd 20gb, tapi tetep aja ke windows lagi. gimana caranya mohon bantuannya

  65. Mas kayanya perlu dikasih tutorial buat nginstall di kompie yg udah ada windowsnya (partisi dibikin 3; Windows, Data, Unformatted)…Buat yg mau install kondisinya kaya diatas, jgn bingung, langkahnya ternyata sama aja kaya tutorial diatas, cuma jgn sampe salah soal mountpoint yang */ sama *swap soalnya pasti keluar pesan ga ada root buat nginstall (aku pusing nyari selah, ternyata cuma salah disitu, partisi XP sampe2 keapus)…Pokonya asik deh nginstall Ubuntu, bikin gregetan, eh kayanya bisa import account dari windows lho, tapi gara2 partisi XP keapus ya ga bisa deh…Yowis segini dulu curhatku, salam buat pecinta Ubuntu semuanya…Pesan : coba2 bikin backup OS biar ga kena sweeping (he3)…C U All

  66. Ternyata tutorialnya ada disini : http://samosir.wordpress.com/2007/06/17/instalasi-ubuntu-di-atas-harddisk-windows-dual-booting/
    Jadi malu

  67. salam kenal mas udin saya beberapa hari lalu mendapatkan kiriman ubuntu yang saya pesan dari shipit.ubuntu.com, nah permasalahannya primary boot saya stet pada cd roo-drive, nah pasaat boot dari cd pada awalnya proses tidak ada masalah nah kemudian pas saya coba live cd otomatis cd ubuntu akan memerikasa apakah kondisi cd baik atau tidak nah setelah selesai timbul masalah, yaitu tidak dapat diinstl malah muncul pesan seperti ini ( 0x000000 failed 30sec) (0x000000 freeze 30sec to busy kira-kira kenapa yatolong di bantu donk mas soalnya saya penasaran ingin coba ubuntu

  68. halo… saya baru nih di ubuntu. 6.04. semalam saya instal. berhasil jalan.tapi ketika saya mau instal nokia pc suite buat 9500 n benq yang selama ini saya gunakan untuk modem, gak bisa. tulisannnya yang keluar aplikasi gak dikenal. begitu juga dengan cs3 saya hilang. ketika mau di instal ulang tidak bisa.. plis om om, tolong dong solusinya. dari kucing garong baik hati.

  69. bang udin, saya sedang install Ubuntu 7.04
    spek pc saya :

    P4 2.6 , vga geforce Mx400, ram 256

    – terdapat error
    pesan : failed di graphical interface

    saya baca cara install di ubuntu 6.04 ada cara mengedit untuk nvidia di /etc/X11/xorg.conf

    tapi tetap gak jalan ? gimana yah…

    thanks b4

  70. bang udin, ini saya mo nanya. saya baru migrasi ke ubuntu 6.06
    semua instalasi berhasil. tapi ketika scroll up, scroll down pada editor
    text (open office, pdf,dll) gerak nya ngga smooth.
    untuk informasi, spek komp saya :
    pc chip a33g (chipset sis761gx/sis965L), vga nya onboard
    gimana yah bang…..

    trus kalo vga gforce 4mx 4000 128MB compatible ngga buat ubuntu 6.06?

    thanx

  71. Mas, saya udah install Ubuntu 7.04 dan bekerja dg baik. Yang jadi masalah, sebelum install, saya pake OS Windows dengan dua hardisk (os – yg ini sudah diinstall Ubuntu — dan data only). Nah setelah install Ubuntu, disk saya yang berisi data tidak terdeteksi (padahal data saya di disk itu). Apa ini karena salah waktu partisi atau ada kesalahan lain? Mohon pencerahan, thanks.

  72. Saya menginstal ubuntu 7.04. Dual boot sama Windows XP. Tetapi sampai sekarang belum juga berhasil. Maklum baru kenalan sama Linux. Spek PC : prosesor core 2 duo. Memori 1 GB. Hard-disk 160 GB, Motherboard ASUS; VGA onboard. Untuk linux udah aku sediakan harddisk (freespace) sebesar 13 GB. Awalnya sukses (langkah 1 sampae 5). begitu langkah membentuk partisi sudah kelar. berhenti. Komputerku juga enggak ada tanda hang. Tetapi langkah berikutnya enggak jalan (begitu ditekan Forward maksudnya). Apa ada kesalahan dalam pengintalasian, atau belum tepat. Untuk Swap aku sediain 500 MB sisanya untuk ext3.

  73. mohon maaf, saya newbi di dunia linux, saya hanya ingin bertanya tidak berkomentar, saya memakai dosemu dan dosemu-freedos untuk menjalankan app.dos-foxpro.2.5, di ubuntu, tetapi untuk modul pencetakan tidak bisa dilaksanakan oleh dosemu, mas udinz, tolongin saya dong. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas spirit open source linux, share to the other. terus jaya linux, dan dunia open source.

  74. cerita dikit, saya punya laptop tua: acer pII, hd 4 gb,mem 256, vga neomagic,pcmci smc wireless netwotk. Awalnya pake windows. Kemudian mencoba linux live cd, Sekarang ini saya install xandros, semuanya berjalan baik (cocok dengan spek laptop), tapi sebenarnya yang cocok dengan keinginan adalah ubuntuME (fasilitas ngetik arab dan al qur’annya) tapi ubuntume ini tidak pas dengan laptop. Mohon panduannya menjadikan xandros seperti ubuntuME (ngetik arab, open office, al qur’an) atau instal ubuntuME di laptop tua biar jalan lancar seperti diinstal xandros. Syukran katsiran.

  75. salam kenal mas udin
    saya baru didunia linux
    Mas, saya udah install Ubuntu 7.04 dan bekerja dg baik. Sebelum install, saya pake OS Windows dengan dua hardisk install Ubuntunya di hd satunya, permasalahannya kemarin saya hapus ubuntunya melalui format partisinya partision magic 8, dan udah kehapus semua tapi setelah ngerestat ngak mau booting ke windowsnya keluar pesan error22, apakah windowsnya rusak karna itu, dan lagian ada data penting banget yang di partisi D apakah data aku itu aman atau hilang, mohon pencerahannya.

  76. Hai….. Bang….!!!!

    kalo mau update ubuntu Dewalinux dari ubuntu ver. 5.10 gimana yach…????

    please help me bang…..

    aku pengen update ke dewalinux bosen pake ubuntu 5.10

  77. buat Ditya_Aja gmn c crx install ubuntu 5.10 trus cr membuat DNS server menggunakan ubuntu 5.10 tau g???kalo tau ksi tau donk???plisss,,,tp yang pake harddisk lho,,,

  78. kenalan dong, bang udin
    Saya juga mo nyoba2 migrasi nih, kebetulan udah dapat ISO ubuntu 7.04, tapi saya ga’ bisa burning menjadi boot able, gimana caranya ? mohon pencerahan, kebetulan saya dapat dua iso, desktop dan server🙂 terimakasih ya

  79. Mengapa pada setiap copyan CD Instalasi Ubuntu ke CD Blank/Kosong tidak sempurna? karena pada saat instalasi pada tampilan awal desktop untuk persiapan instalasi keyboardnya tidak aktif.

  80. Saya menginstall laptop saya dengan dua system, MS Windows XP dan Ubuntu 7.04
    Lumayan berhasl untuk pemula bisa (versi Desktops nay), 1. pertanyaan saya apa sih kelebihannya pada Ubuntu 7.10, 2. gimana mendapatkannya agar saya mendaptkannya, 3. bagaimana saya mendapatkan tutorial yang mempermudah pemahaman dan penguasaan linux tsb.
    Jika ada yang tidak berkeberatan bantu saya, saya tunggu di email saya, terima kasih.

  81. hi kk, boleh minta panduan dual boot di win xp u/ linux ubuntu? klo bisa step-by -step y kk, maklum newbie, ngubah script ama nulis command aja masih rada2 bingung.. saya udah nginstall win xp sp2 di laptop saya ( dualcoreduo1.73ghz, ram512mb, vgaonboard, dll) saya mau dualboot ama linux ubuntu (sama klo bisa webcam saya tetep jalan), katanya temen saya keren, bisa dimodif, dia mau bantu saya modif tapi gx bisa ngejelasin dual boot(saya juga bingung??) katanya dia gx dual, cman pake linux. bisa bantu kk? thx ya kk..
    sama satu lagi kk, katanya mac os gx bisa dipake selain di macbook atw kom. mac yg lain, emang bener? klo iya kenapa? makasih kk…

  82. makasih..makasih
    ni juga mau nyoba yang kedua.
    yang pertama gw gagal nih waktu instal blankon.
    data gw hilang smw. hiks…. (maklum, awam banget)
    semoga ini berhasil.
    doakan ya.
    berdoa mulai….

    selesai…

  83. salam kenal bang udienz, mau nanya nih bang, saya udah coba install ubuntu, tpi saya msh bingung cara install driver vga-nya…
    soalnya pas di cek “restricted driver” pas mau dienable gak bisa..
    mohon pencarahannya..

  84. saya td pagi baru instal ubuntu 7.04 studio
    setelah proses install
    kemudian booting dan login gw pilih ubuntu bukan win xp ehhh ga bisa login dan kondisi monitor spt standby napa th yah

  85. aku mao tanya nih…
    1. lancard onboard asus tdk terdeteksi oleh ubuntu 7.10 gimana caranya
    2. saya setting jaringan dengan router ipcop dan client 7.10.pada saat ping ada error “destination host unreacheable” maksudnya…
    tolong kirim jawaban ke email saya yaaa
    terimaksih

  86. ASFK,VGDGUHERGSH DS4FJ4HG6S,DJ K5FDS56JGH6SJK58D4F6 GDF56G4JK5DSHS DF5463G546DSFK GSDF564G5JKSDFH GDS
    FJG 1SD32FJK G4DSKFGH
    DFSGH1 D2SG,SDKD F312GSDH5DFKH,
    GKS2R1EH,W31UKHGWEUH
    JHDFS,J13GH45SDFHBGS,
    UDFHJDSH

    (INI MEMAKAI BAHASA PLANET)

  87. makasih banget.
    infox sangat membantu pembelajaran bangsa ini.
    aq cukup terkesan dgn linux
    ksn pertama ma knopix cd live
    rajin2 ngasih info ya… bravo linux

  88. Mas Udin, aku mau nanya dikit…
    kenapa waktu mu jalankan live cd ubuntu 7.10 di axiooku selalu hang yahh…
    berikut ini spec notebook Axioonya
    NVS818PPE
    proc core duo 1.86Ghz
    mem 2.gb
    hdd 80
    screen 12.0″
    chipset SIS

    denger2 chipset SIS & VIA gak bs di install 7.10 yah?
    mohon masukannya mas… maklum baru mau belajar…thanks

  89. mas udin gimana liat wireless, ke detec apa gak

    kalau tdk ke deteck bagaimana caranya

    sy instal ubuntu di laptop lanovo n300

    thanks b4

  90. @ gobel
    hangnya gimana?
    ga bener tuh! kalaupun ga ada driver sis kita bisa pake driver VESA kok

    @ masry_t
    hm….
    $ lspci
    trus…
    $ dmesg | grep iw0
    ada tulisanya?

  91. Boss..Udienz….
    Saya Pengguna BLANKON pemula !! Laptop Saya Toshiba M-200 Dual Boot Dengan Windows Vista, Graphics Card Intell 965, Tapi Kenapa Kok Compizznya Gak Mau Jalan Ya ?? Mohon Bantuannya….. MATURNUWUN

  92. gimana caranya istall bootloader grub di bootsector partisi linuxnya bukan di MBR, pada saat install ubuntu pertama kali??? udah cari2 ga nemu2 mohon pencerahannya…. makasi

  93. Gimana kalau belum muncul layar kedua, hanya muncul tulisan kode-kode diakhiri dengan tulisan huruf dan angka, kemudian macet/hang. kursor pun tak berkedip.

  94. Bang Uddin . minta tolong ajarin buat video masukan ke youtube bagaimana caranya dan step by step ya. terima kasih

  95. Mas, saya pendatang baru di dunia Ubuntu. Saya sudah mencoba melakukan setting koneksi internet via CDMA lewat terminal, tetapi tidak berhasil dan muncul pesan :

    ntn@ntn-laptop:~$ wvdial starone
    WvDial: WvDial: Internet dialer version 1.56
    WvModem: Cannot get information for serial port.
    WvDial: Initializing modem.
    WvDial: Sending: ATZ
    WvDial Modem: ATZ
    WvDial Modem: OK
    WvDial: Sending: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
    WvDial Modem: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
    WvDial Modem: OK
    WvDial: Sending: AT+CRM=1;+CSO=33
    WvDial Modem: AT+CRM=1;+CSO=33
    WvDial Modem: OK
    WvDial: Modem initialized.
    WvDial: Sending: ATDT#777
    WvDial: Waiting for carrier.
    WvDial Modem: ATDT#777
    WvDial Modem: CONNECT
    WvDial Modem: ~[7f]}#@!}!}!} }3}”}&} } } } }#}%B#}%}’}”}(}”W}0~
    WvDial: Carrier detected. Waiting for prompt.
    WvDial Modem: ~[7f]}#@!}!}”} }3}”}&} } } } }#}%B#}%}’}”}(}”o}1~
    WvDial: PPP negotiation detected.
    WvDial: Starting pppd at Sun Jun 22 21:39:54 2008
    WvDial: Warning: Could not modify /etc/ppp/pap-secrets: Permission denied
    WvDial: –> PAP (Password Authentication Protocol) may be flaky.
    WvDial: Warning: Could not modify /etc/ppp/chap-secrets: Permission denied
    WvDial: –> CHAP (Challenge Handshake) may be flaky.
    WvDial: Pid of pppd: 5736
    WvDial: Using interface ppp0
    WvDial: pppd: `[06][08][06][08] [06][08]
    WvDial: pppd: `[06][08][06][08] [06][08]
    WvDial: pppd: `[06][08][06][08] [06][08]
    WvDial: pppd: `[06][08][06][08] [06][08]
    WvDial: pppd: `[06][08][06][08] [06][08]
    WvDial: Disconnecting at Sun Jun 22 21:39:58 2008
    WvDial: The PPP daemon has died: Authentication error.
    WvDial: We failed to authenticate ourselves to the peer.
    WvDial: Maybe bad account or password? (exit code = 19)
    WvDial: man pppd explains pppd error codes in more detail.
    WvDial: I guess that’s it for now, exiting
    WvDial: The PPP daemon has died. (exit code = 19)

    Bagaimana cara mengatasinya ? Mohon penjelasannya. Terima Kasih.

    Natan

  96. Saya menggunakan HP CDMA Nokia 2865. Untuk StarOne username : starone dan password : indosat. Pada penulisan username dan password pada wvdial.conf pada harus diapit dengan tanda “” atau tidak mas ? Soalnya ada referensi yang menggunakan tanda “” ada juga yang tidak.

  97. untuk wvdial.conf penulisanya setau saya tidak usah pake “”, kan cuman satu kata bukan?. jadi nanti hasilnya gini:
    Username = starone
    Password = indosat
    bagaimana?

  98. Saya sudah coba, tapi tetap keluar pesan itu. Apakah mas punya file-file seperti wvdial.conf, rfcomm.conf atau file lain yang mendukung koneksi ? Bisakah saya mengcopynya ? Terima Kasih. Saya menggunakan Axioo Classmate dan tambahan Bluetooth.

  99. mas ne yuli angkatan 2005
    ak skrg mo bljr buat router pake ubuntu server 8.04 LTS (1disc) yg kmaren ak download slama 3 jam pake speedy limited home.
    ak punya kompi yg speknya kayak gini: intel P3 933MHz, 384MB, HDD 40GB. kira2 bisa gak y?
    recananya ak mau buka warnet yg pake speedy so ak mau bljr dulu di rumah.apa cara2nya sama sperti mas jelasin di atas?
    sebenernya buat warnet, warnet apa aja yang di butuhin biar jalannya lancar?
    mohon bantuannya……ya………………….

  100. bro, ada yang tau tentang “error 17” ga…?
    entah knapa kompi gw gak bisa load,. tulisannya
    please wait
    error17

    gw coba instal ulang ubuntu, trus gw instal ulang jg bios nya
    partisi ubuntu gw hapus,,
    malah hasilnya
    error 22…………?

    pusing gw….
    buat para master2 ubuntu, tolongin gw dong,,
    gw mau uninstal ubuntu, alnya kompi gw ntar lg mau dijual…

    thx sebelumnya…

  101. kk udienz,
    kmrn saya install ubuntu.
    tapi konsole nya tidak jalan
    dan OS xp saya yg sebelumnya jalan tidak bisa kebuka.
    dan tidak bisa buka xp nya tidak jalan sama sekali

  102. om mau tanya gimana cara menginstal os ubuntu tapi dalam komputer saya sdah ada windowsnya
    jadi saya pingin 2 OS
    linix ubuntu+windows
    mohon jawabany dikirim ke e-mail saja ya om
    tanks sebelumya
    panji_oct@plasa.com

  103. makasih ya mas….oh ya mas g mn cara menggunakan aplikasi di dalamnya,seperti menghidupkan musik.apakah kita harus mengetikkan suatu kode….mohon di bantu kirim by email…….

  104. mas boleh nyakan mas
    saya sblomnya g` pernh pakai linux,
    linux pakai juga mas seperti office mas
    sperti win xp
    thx mas

Leave a Reply

